Jumat, 03 Februari 2012

Raja Ampat ikon promosi pariwisata Swiss


Raja Ampat di Papua menjadi ikon promosi pariwisata di Swiss. Ini bagian dari program promosi pariwisata KBRI di Bern bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata Ekonomi Kreatif dan perusahaan transportasi umum di dua kota di Swiss yaitu Bern dan Basel.

Swiss diketahui sangat potensial bagi promosi pariwisata nasional. Tema promosi kali ini adalah Postcards From A Wonderland, A Remarkable Indonesia, dimulai 1 Februari selama tiga bulan, sebagaimana dinyatakan Pejabat Pensosbud KBRI Bern, Budiman Wiriakusumah di London, Rabu.

Dikatakan, selama tiga bulan akan terpampang dengan indahnya ajakan untuk berlibur ke Indonesia, untuk mengunjungi obyek wisata Bunaken, Raja Ampat, Tana Toraja, Komodo, Flores, Borobudur, Lombok, Bangka Belitung dan Bali.

Data Badan Pusat Statistik pada 2010 tercatat jumlah wisatawan yang berkunjung ke Indonesia asal Swiss sebanyak 34.928, dengan rata-rata pengeluaran 1.587,84 dolar AS dan rata-rata lama tinggal 14,91 hari. Jumlah ini termasuk angka yang signifikan mengingat jumlah penduduk Swiss yang hanya sekitar enam juta.

Dengan promosi destinasi wisata Indonesia ini diharapkan masyarakat Swiss akan lebih banyak lagi memilih Indonesia sebagai tujuan wisata favoritnya.

Budiman, yang membuat konsep dan sekaligus disain promosi, mengatakan pemilihan transportasi umum sebagai sarana promosi di Swiss sangat tepat mengingat sebagian penduduk Swiss menggunakan transportasi umum sebagai kendaraan utama.

Selain di dua kota, Bern dan Basel, pada akhir 2012, KBRI-Bern berupaya menjalin kerja sama dengan perusahaan transportasi umum di kota besar lainnya seperti Zurich, Jenewa dan Luzern, kata Budiman

0 komentar:

Posting Komentar